Cara Menurunkan Berat Badan Ibu Setelah Melahirkan


Berat badan wanita setelah melahirkan

        Selama kehamilan wanita biasanya memiliki berat badan sekitar 10-17 kg dari kondisi normal. Bobot ini disebabkan banyak hal seperti berat bayi, air janin, plasenta, peningkatan volume darah dan cadangan lemak yang dibutuhkan untuk menyusui. Waktu terbaik untuk menurunkan berat badan tercepat adalah waktu yang tepat setelah melahirkan. Ini karena saat bayi lahir, masih banyak hal lain yang dikeluarkan dari tubuh ibu karena tidak lagi dibutuhkan.

        Ingatlah bahwa tubuh wanita selama sekitar 6 bulan setelah persalinan membantu menurunkan berat badan yang tidak diinginkan tanpa ada diet. Baru setelah periode ini tubuh melambat dan kemudian wanita harus berusaha lebih keras untuk menurunkan berat badan dan memulai diet atau melakukan beberapa latihan. Perlu disebutkan, bahwa menyusui membantu menurunkan berat badan ekstra.

Bagaimana mengembalikan tubuh setelah hamil/melahirkan?

  • Diet

Yang pertama dan terpenting adalah diet yang tepat. Setelah melahirkan, setiap wanita membutuhkan protein, zat besi, kalsium dan vitamin. Ibu baru juga harus banyak memakan buah dan sayuran dan hindari permen, roti dan kentang. Makanan harus mencakup susu dan daging tanpa lemak. Jika seorang wanita tidak dapat muncul dengan menu setelah lahir, sebaiknya juga menemui ahli gizi.

Jika ibu baru ingin kembali ke bentuk semula, mereka juga harus mengendalikan frekuensi makan. Mereka harus makan lebih sedikit, tapi lebih sering dan minum banyak air. Apalagi menyusui adalah salah satu cara terbaik dan termudah adalah menurunkan berat badan ekstra setelah melahirkan. Selama menyusui wanita kehilangan sekitar 500 kalori. Ini jelas cara termudah dan tidak memerlukan usaha khusus yang rumit untuk dilakukan dari sang ibu.

  • Aktivitas fisik

Cara lain untuk kembali terbentuk adalah aktivitas fisik. Pertama, ibu baru bisa jalan-jalan dengan bayi mereka. Untuk melakukannya, mereka memerlukan kereta dorong yang tepat, yang akan memberikan tumpangan yang nyaman dan aman untuk bayi mereka dan untuk diri mereka sendiri. Aktivitas luar ruangan adalah cara terbaik untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Saat bayi masih kecil dan belum bisa duduk tegak, ibu bisa menggunakan kereta bayi dengan kursi bayi. Dan setelah beberapa bulan beralih ke kursi balita saat bayi tumbuh.

Setelah puerperium (nifas), ibu baru setelah pasca melahirkan juga bisa meningkatkan aktivitas fisiknya dan misalnya mulai jogging. Dewasa ini ibu baru pada umumnya banyak jogging - kereta bayi yang cocok untuk berjalani dengan bayi. Oleh karena itu ibu baru bisa menghabiskan waktu dengan bayi mereka dan melakukan beberapa latihan pada saat bersamaan.

Ide bagus untuk menurunkan berat badan juga olahraga renang dan kebugaran. Namun, penting untuk tidak membebani tubuh pada hari-hari pertama berolahraga. Penting juga untuk merawat otot perut dan melakukan beberapa latihan ringan untuk memperkuatnya.

  • Merawat diri

Untuk menurunkan berat badan ekstra, ibu baru juga harus mencari momen hanya untuk diri mereka sendiri. Mereka harus tidur nyenyak (meski mungkin akan sulit pada awalnya dengan bayi yang baru lahir) dan mencari waktu untuk merawat diri mereka sendiri, rileks dan melakukan sesuatu yang mereka sukai.

Jika ibu baru ingin mengembalikan tubuh mereka setelah kehamilan mereka harus ingat untuk tidak berlebihan dengan latihan dan diet. Mendapatkan kembali ke bentuk tubuh membutuhkan kemauan, ketekunan dan rasionalitas yang kuat dan ini pasti akan membawa kesuksesan.

0 Komentar


Belum ada komentar